Menentukan Strategi SEO Sebelum Melakukan Desain dan Bangun Website

Tujuannya: Posting ini menyoroti area SEO yang perlu ditangani dan diputuskan sebelum ringkasan situs web dikirim ke desainer dan pengembang.

Bayangkan sebuah skenario: seorang klien bertanya apa yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan peringkat organik mereka. Setelah audit teknologi yang teliti, analisis pasar, dan tinjauan saluran konversi, Anda harus memberikan beberapa rekomendasi yang sulit:

“Anda harus mendesain ulang arsitektur situs Anda,” atau

“Anda harus memigrasi situs Anda sama sekali,” atau bahkan

“Anda harus memikirkan kembali model bisnis Anda, karena saat ini Anda tidak memberikan nilai signifikan.”

Ini dapat terjadi ketika SEO hanya dipertimbangkan secara serius setelah situs dan bisnis berjalan dan berjalan. Sebagai lulusan pemasaran, saya dapat memberi tahu Anda bahwa SEO belum ada di silabus saya di antara komponen-komponen klasik dari bauran pemasaran. Tidak sulit untuk membayangkan bahkan bisnis yang dibimbing dan didukung yang menghadap ke daerah ini.

Posting ini bertujuan untuk menyoroti area yang perlu ditangani bersama dengan analisis SWOT Anda dan model penetapan harga – area sebelum Anda merancang dan membangun ‘tempat’ digital Anda:

    – Area strategis yang lebih luas
    – Area teknis untuk didiskusikan dengan pengembang.
    – Area desain untuk didiskusikan dengan desainer.

Catatan: Posting ini tidak dimaksudkan sebagai daftar periksa pra-peluncuran (karenanya area seperti robots.txt, analytics, social, & tag title dihilangkan sepenuhnya), tetapi daftar area yang mempengaruhi SEO yang akan sulit diubah setelah situs web dibangun.

Pertanyaan strategis yang lebih luas yang harus dijawab:

1. Bagaimana kita mengomunikasikan pernyataan misi kita secara online?

Setelah Anda mengidentifikasi prop proposisi nilai pemasaran klasik Anda, ‘selanjutnya muncul cara Anda berkomunikasi secara online.

Apakah istilah yang menggambarkan masalah pelanggan / solusi Anda sedang dicari? Proposisi nilai Anda mungkin tidak memiliki banyak pencarian; dalam hal ini, Anda perlu membuat asosiasi merek dengan pemecahan masalah untuk kebutuhan pelanggan tertentu. (Cara lain untuk mendapatkan lalu lintas dibahas dalam: “Bagaimana Melakukan SEO untuk Situs dan Produk tanpa Permintaan Pencarian”).

Seberapa kompetitif persyaratan ini? Anda mungkin menemukan bahwa ruang terlalu kompetitif dan Anda perlu melihat variasi alternatif atau penawaran jangka panjang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi SEO yang Penting Di Akhir

2. Apakah kita memahami segmen pelanggan kita?

Ini adalah pertanyaan yang merupakan titik awal dalam penelitian Anda:

    Seberapa besar pasar kita? Apakah audiens potensial tumbuh atau menyusut? (Alat untuk membantu Anda: Google Trends.)
    Apa persona kunci kita – demografi, motivasi, peran, dan kebutuhan mereka? (Jika Anda kekurangan waktu, Persona Research Craig Bradford dalam Under 5 Minutes menunjukkan cara menggambar wawasan menggunakan Twitter.)
    Bagaimana mereka berperilaku online dan offline? Apa titik sentuh mereka di luar situs? (Posting terperinci tentang Konten dan Corong Pemasaran.)

Pemahaman ini akan memungkinkan Anda untuk membangun arsitektur situs Anda di sekitar tahapan yang harus dilalui pelanggan Anda sebelum menyelesaikan tujuan mereka. Rand menawarkan kerangka kerja yang bermanfaat untuk cara membuat konten pembunuh dengan memetakan kata kunci. Idealnya, proses ini harus dilakukan sebelum pembangunan situs, untuk memandu halaman mana yang harus Anda targetkan dengan maksud dan kata kunci spesifik yang menandakannya.

3. Siapa pesaing digital kita?

Mengetahui siapa yang Anda lawan di ruang digital harus menginformasikan keputusan seperti arsitektur situs, pengalaman pengguna, dan penjangkauan. Pertama, Anda ingin mengidentifikasi siapa yang termasuk dalam tiga jenis pesaing utama:

    Anda mencari pesaing: mereka yang memberi peringkat untuk produk / layanan yang Anda tawarkan. Mereka akan bersaing untuk kata kunci yang sama dengan yang Anda targetkan, tetapi dapat memenuhi maksud yang sangat berbeda.
    Pesaing bisnis Anda: mereka yang saat ini memecahkan masalah pelanggan yang ingin Anda selesaikan.
    Pesaing lintas industri: mereka yang memecahkan masalah pelanggan Anda secara tidak langsung.

Setelah Anda menemukan daftar pesaing, analisis di mana masing-masing berdiri dan berapa banyak sumber daya operasional yang diperlukan untuk mencapai posisi mereka:

    – Berapa ukuran dan kinerja pesaing kami?
    – Bagaimana mereka membedakan diri mereka sendiri?
    – Seberapa kuat merek mereka?
    – Seperti apa profil tautan mereka?
    – Apakah mereka melakukan sesuatu yang berbeda / menarik dengan arsitektur situs mereka?

Alat untuk membantu Anda: Buka Site Explorer, Majestic SEO, dan Ahrefs untuk analisis tautan pesaing, dan serbuan SEM untuk mengidentifikasi siapa yang peringkat untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Baca Juga: Orang-orang Mengajukan Pertanyaan SEO yang Paling Menekan

Area teknis yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari migrasi / pembangunan kembali di masa depan

1. HTTP atau HTTPS

Putuskan apakah Anda ingin menggunakan HTTPS atau HTTP. Dalam kebanyakan kasus, jawabannya adalah yang pertama, mengingat ini juga merupakan salah satu faktor peringkat oleh Google. Aturan praktisnya adalah bahwa jika Anda pernah berencana menerima pembayaran di situs Anda, Anda memerlukan HTTPS di halaman-halaman tersebut minimal.

2. Tentukan versi kanonik URL Anda

Masalah duplikat konten dapat muncul ketika Google dapat mengakses konten yang sama melalui beberapa URL. Tanpa satu versi yang jelas, halaman tidak akan bersaing satu sama lain.

Di mata pengembang, halaman adalah unik jika memiliki ID unik di basis data situs web, sedangkan untuk mesin pencari URL adalah pengidentifikasi unik. Pengembang harus diingatkan bahwa setiap konten harus diakses hanya dengan satu URL.

3. Kecepatan situs

Pengembang berada di bawah tekanan untuk mengirimkan kode tepat waktu dan mungkin mengabaikan area yang mempengaruhi kecepatan halaman. Komunikasikan pentingnya kecepatan halaman dari awal dan luangkan waktu dalam brief untuk mengoptimalkan kinerja situs (Panduan Kecepatan Dummies Situs tiga bagian menjelaskan mengapa kita harus peduli dengan area ini.)

4. Bahasa dan lokasi

Jika Anda berencana menargetkan pengguna dari berbagai negara, Anda perlu memutuskan apakah situs Anda akan multi-bahasa, multi-regional, atau keduanya. Penelitian kata kunci yang dilokalkan, pertimbangan hreflang, dan konten duplikat adalah semua masalah yang lebih baik ditangani sebelum situs dibuat.

Menggunakan domain tingkat negara yang terpisah memberikan keuntungan karena dapat menargetkan suatu negara atau bahasa lebih dekat. Pendekatan ini, bagaimanapun, bergantung pada Anda memiliki sumber daya untuk membangun dan memelihara infrastruktur, menulis konten yang unik, dan mempromosikan setiap domain.

Jika Anda berencana untuk menyusuri rute beberapa kombinasi bahasa / negara di satu situs, biasanya pendekatan terbaik adalah subfolder (mis. Example.com/uk, example.com/de). Subfolder dapat dijalankan dari satu platform / CMS, yang berarti bahwa pengaturan / pemeliharaan pengembangan secara signifikan lebih rendah.

5. Kemudahan mengedit dan fleksibilitas dalam suatu platform

Google cenderung memperbarui rekomendasi dan persyaratan mereka setiap saat. Platform Anda harus cukup fleksibel untuk membuat perubahan cepat pada skala di situs Anda.

Baca Juga: Cara Search Engine Mengoptimalkan Konten Anda

Desain area yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari desain ulang di masa depan

1. Arsitektur dan tautan internal

Arsitektur informasi yang efektif sangat penting jika Anda ingin mesin pencari dapat menemukan konten Anda dan menyajikannya kepada pengguna. Jika crawler tidak dapat mengakses konten, mereka tidak dapat memeringkatnya dengan baik. Dari sudut pandang manusia, arsitektur informasi adalah penting sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

Jika memungkinkan, Anda harus melihat untuk membuat struktur situs datar yang akan menjaga halaman tidak lebih dari 4 klik dari beranda. Itu memungkinkan mesin pencari dan pengguna untuk menemukan konten dalam klik sesedikit mungkin.

Gunakan riset kata kunci dan pesaing untuk memandu halaman mana yang harus Anda miliki. Namun, cara halaman harus dikelompokkan dan dihubungkan harus berfokus pada pengguna. Lihat bagaimana pengguna memetakan hubungan antara konten Anda menggunakan teknik penyortiran kartu – Anda tidak perlu memiliki maket situs web atau bahkan produk untuk melakukannya. (Panduan ini membahas secara rinci cara Meningkatkan Arsitektur Informasi Anda Dengan Penyortiran Kartu.)

2. Desain konten-pertama

Pertimbangkan jenis konten apa yang akan Anda host. Apakah itu panduan besar / whitepaper, atau perpustakaan video? Strategi konten Anda perlu dipetakan pada titik ini untuk memahami format apa yang akan Anda gunakan dan karenanya fungsionalitas apa yang dibutuhkan. Mengetahui jenis konten apa yang akan Anda hasilkan akan membantu merancang jenis halaman dan membuat antarmuka pengguna yang lebih konsisten.

3. Keterbacaan mesin (Flash, JS, iFrame) dan data terstruktur

Halaman web Anda mungkin menggunakan berbagai teknologi seperti Javascript, Flash, dan Ajax yang sulit dipahami oleh perayap. Meskipun mereka mungkin diperlukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda harus menyadari masalah yang dapat ditimbulkan teknologi ini. Untuk meningkatkan keterbacaan mesin situs Anda, tandai halaman Anda dengan data terstruktur seperti yang dijelaskan secara lebih rinci di pos: “Cara Mengaudit Situs untuk Peluang Data Terstruktur”.

4. Desain responsif

Karena kami melihat lebih banyak variasi dalam perangkat dan persyaratannya, bersama dengan perubahan pola perilaku penggunaan perangkat seluler, ‘seluler’ menjadi lebih sedikit dari saluran yang terpisah dan sebaliknya menjadi teknologi yang mendasarinya untuk mengakses web. Oleh karena itu, tujuan jangka panjangnya adalah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dan konsisten di semua perangkat. Demi tujuan ini, desain responsif dan metode penyajian yang dinamis dapat membantu menciptakan pengalaman khusus perangkat.

Pikiran penutup

Sebagai pemilik bisnis / seseorang yang bertanggung jawab untuk meluncurkan situs, Anda memiliki banyak hal. Ini mungkin bukan penggunaan terbaik dari waktu Anda untuk pergi ke lubang kelinci, membaca tentang bagaimana menerapkan data terstruktur dan apakah JSON-LD lebih baik daripada Microdata. Posting ini memberi Anda bidang-bidang penting yang harus Anda ingat dan alamat dengan orang-orang yang Anda pendelegasikan kepada mereka – bahkan jika ruang lingkup delegasi tersebut melakukan penelitian untuk Anda (“Beri saya pro dan kontra dari HTTPS untuk bisnis saya”) daripada menyelesaikan implementasi / penanganan.